Gelorakan Pemikiran

REVOLUSI SHAFFAN

PROGRAM KERJA
BIDANG MEDIA DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
DEWAN PIMPINAN PUSAT IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH PERIODE 2010 -$$$ 2012

A.Latar Belakang

Sejarah gerakan sosial selalu tidak terlepas dari peran media sebagai piranti yang centre untuk menyampaikan ide, gagasan untuk perubahan sosial. Dari mulai yang sangat sederhana bentuknya sampai teknologi yang tentunya sesuai dengan perkembangan setting ruang gerak sosial kita.

B. Visi : Terwujudnya Basis Komunitas IMM Sebagai Gerakan Sosial Islam

C. Misi :


1. Massifikasi komunikasi dan jaringan ke media.
2. Penguatan citra IMM sebagai gerakan sosial.
3. Maksimalisasi peran teknologi sebagai media komunitas
4. Tebangunnya SDM kader yang sadar informasi dan teknologi
5. Sinergisitas struktur dari level pusat sampai komisariat

D. Landasan Dasar program

1. Alquran dan sunnah

2. Hasil Rapat Kerja DPP IMM Di Anyer Banten
3. AD/ART Hasil Tanfidz Muktamar Bandung

E. Identifikasi Permasalahan

1. Lemahnya jaringan komunikasi, informasi (internal dan eksternal
2. Kurang sinergis peran komunikasi struktur
3. Lemahnya pencitraan IMM sebagai gerakan social
4. Belum maksimalnya peran teknologi dalam pengembangan ikatan, sebagai media komunitas

F. Strategi

1. Intensifikasi komunikasi sebagai basis komunitas.
2. Kapasitas Building
3. Media (Web,FB,Radio komunitas) sebagai corong informasi (gagasan, issue dan kebijakan)
4. Bidang media sebagai pusat pencitraan DPP IMM.
5. Silaturahim atau audiensi dengan pimpinan-pimpinan media nasional.

G. Modus Gerakan

1. Discusi tematis on line (Penanggung jawab bidang bidang)
2. Worksop media dan teknologi
3. Membentuk media centre
4. Pembentukan Team Media

H. Program Kerja

Secara garis besar, program kerja bidang media dan pengembangan informasi ada 4 bagian:

1. Membangun jaringan media
2. Pengadaan Media- media alternatif
3. Loknas Bidang Media dan pengembangan Teknologi( Informasi)
4. Worksop Media dan Informasi

I. Program Jangka Menengah Dan Jangka Panjang

A.1. Jangka Menengah

1. Membangun jaringan komunikasi media (INTERNAL EKSTERNAL)
2. Memaksimalkan fungsi media ol Website yang sudah ada.(Termasuk Face book)
3. Pembuatan media online (www.penanews.com)
4. Pemetaan peran dan media komunikasi IMM di tingkat daerah( sebagai bahan konsep bidang media pada Loknas)
5. LOKNAS Media dan pengembangan IT
6. Pembuatan SMS Centre sebagai media alternatif aspirasi kader

A.2. Jangka Panjang

1. Worksop Media dan Informasi
2. Radio siaran umat

Ketrangan :

1. Kerjasama media cetak dan elektronik
2. Institusi pemerintah
3. Institusi swasta
4. Muhammadiyah
5. Pimpinan bidang DPP IMM secara kolektif kolegial